Ketidak-terbatasan Allah

Allah kita melebihi semua batasan, atau kita katakan Ia tidak terbatas. Ketidak-terbatasan Allah melampaui ruang, waktu, pengetahuan, kuasa, dan perubahan.

 

1) Ketidak-terbatasan Allah dengan ruang = OMNIPRESENCE

Allah hadir di mana-mana, Ia tidak dapat dibatasi oleh ruang. Tidak ada ruang yang tanpa kehadiran-Nya, tapi bukan berarti Ia lebih kecil dari ruang. Itulah ketidak-terbatasan Allah, tidak hanya lebih besar dari ruang di luar diri-Nya, tetapi sekaligus lebih kecil dari semua ruang di dalam-Nya.

Tetapi benarkah Allah hendak diam di atas bumi? Sesungguhnya langit, bahkan langit yang mengatasi segala langit pun tidak dapat memuat Engkau, terlebih lagi rumah yang kudirikan ini. – 1 Raja-raja 8:27

 

2) Ketidak-terbatasan Allah dengan waktu = KEKAL

Allah sudah ada dahulu sebelum Ia menciptakan waktu, dan secara bersamaan Ia ada di masa lampau, masa sekarang, dan masa yang akan datang. Waktu tidak berlaku bagi Allah. Ia berada di luar waktu, melihat seluruh kejadian pada saat yang bersamaan sekalipun Ia juga menyadari urut-urutan peristiwa yang terjadi di dalam waktu.

Sebelum gunung-gunung dilahirkan, dan bumi dan dunia diperanakkan, bahkan dari selama-lamanya sampai selama-lamanya Engkaulah Allah. – Mazmur 90:2

Tetapi Engkau tetap sama, dan tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan. – Mazmur 102:28

Karena waktu yang kita kenal sekarang diciptakan oleh Allah, waktu memiliki akhir. Tetapi Allah bukanlah ciptaan. Dia tidak memiliki akhir, Dia kekal.

 

3) Ketidak-terbatasan Allah dengan pengetahuan atau kebijaksanaan = OMNISCIENCE

Ia mengetahui segala sesuatu. Ia tahu semua fakta mengenai segala sesuatu, bahkan Ia mengetahui setiap kemungkinan dari segala kemungkinan. Allah sangat tahu rincian alam semesta, bagian terkecil hingga terbesar, termasuk bagaimana menggunakannya untuk menggenapi rencana-Nya dengan sempurna.

Ia menentukan jumlah bintang-bintang dan menyebut nama-nama semuanya. Besarlah Tuhan kita dan berlimpah kekuatan, kebijaksanaan-Nya tak terhingga. – Mazmur 147:4-5

 

4) Ketidak-terbatasan Allah dengan kuasa = OMNIPOTENCE

Allah dapat melakukan segala sesuatu. Ia dapat menjalankan seluruh rencana-Nya. Ia memegang kendali atas segala sesuatu, termasuk kamu dan saya.

Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil. – Lukas 1:37

Tetapi kuasa Allah yang tidak terbatas ini, digunakan Allah untuk ‘membatasi’ diri-Nya sendiri. Pembatasan yang dimaksud adalah Ia tidak dapat melanggar natur-Nya yang penuh dengan kekudusan, kebenaran, dan keadilan. Ia tidak berdosa dan menodai natur kekudusan dan kebenaran-Nya, Ia juga tidak dapat bertindak tidak adil dengan melanggar seluruh hukum yang pernah Ia buat.

 

5) Ketidak-terbatasan Allah dengan perubahan = KONSTAN

Allah tidak berubah dan tidak dapat berubah, baik bertambah maupun berkurang. Pertambahan maupun pengurangan mengindikasikan ketidak-sempurnaan Allah, yang membuat ketuhanan-Nya diragukan. Tapi Ia tidak demikian. Ia tidak bisa lebih mengasihimu karena sejak awal kasih-Nya kepadamu sempurna.


 

Kelima poin di atas adalah sifat Allah yang harus kita sadari. Ia tidak pernah dikejutkan dengan sesuatu yang terjadi di muka bumi ini. Ia tahu segalanya menembus batas ruang, waktu, pengetahuan, kuasa, dan perubahan.

Ia Allah yang besar. Kita perlu bersyukur kalau Ia memilih kita menjadi anak-anak-Nya. Kita tidak seharusnya meragukan kebesaran Allah. Ragu apakah Allah masih peduli, ragu apakah Allah yang disembah sanggup menolong tepat pada waktunya, ragu apakah Allah akan memberi jalan keluar, dsb. Sebaliknya, kita harus percaya dan menghormati-Nya di dalam hidup kita.

IA SUNGGUH BESAR.

Keraguan kita akan kebesaran Allah mengindikasikan kurangnya pengenalan akan Pribadi-Nya. Kenali kebesaran-Nya melalui hubungan yang erat dalam doa dan saat teduhmu. Saksikan, rasakan, dan bangkitlah dari keraguanmu.

“The fear of God is the death of every other fear, like a mighty lion, it chases all other fears before it.” – Charles Spurgeon.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s